Toleransi Beragama, VJ Daniel Mananta Ucapkan Selamat Lebaran




Beragama non muslim tidak menjadi alasan bagi VJ Daniel Mananta untuk bertoleransi dan mengucapkan selamat hari raya lebaran. Daniel Mananta diketahui untuk pertama kali memulai kariernya di dunia hiburan dengan menjadi Video Jockey di sebuah acara musik populer pada masanya.

Makin ke sini, karier VJ Daniel di dunia hiburan lebih dikenal sebagai seorang MC dan sesekali memerankan film tertentu. Daniel merupakan lulusan salah satu universitas di Australia yang sudah menikah 8 tahun lalu. Namun, cerdiknya Daniel menutupi rumah tangganya dari sorotan media.

Baru-baru ini VJ Daniel Mananta membagikan potret kebersamaannya bersama sang istri yang diketahui merupakan bukan orang asli Indonesia. Daniel sengaja menutupi rumah tangganya dari publik karena menganggap hal itu privasi, sementara pekerjaannya di dunia hiburan tidak perlu menyentuh ranah kehidupan pribadinya.

Daniel dan sang istri sama-sama beragama non muslim, namun hal tersebut tidak menjadi alasan Daniel Mananta tidak mengucapkan bahwa Ramadhan itu indah. Bahkan kabarnya Daniel mengutip hadist yang diucapkan Rasulullah untuk meresapi betul makna euforia Muslim menjalani Ramadhan dan idul fitri.

VJ Daniel Kutip Hadist Nabi Muhammad SAW

Dengan pakaian bernuansa putih dan senyum mengembang di bibirnya, dengan tangan saling menyatu, VJ Daniel Mananta menuliskan caption cukup panjang pada feed Instagram miliknya. Bijaksananya VJ Daniel, ia menuliskan hadis Rasul ketika ada pertanyaan kepada Allah siapa yang lebih mulia.

Konon, VJ Daniel meyakini bahwa Ramadhan itu indah karena berdasarkan hadits, orang yang mulia adalah orang yang ikhlas memaafkan meskipun posisinya lebih kuat. Meskipun Rasulullah adalah tokoh panutan dalam Islam, namun VJ Daniel yang beragama selain islam pun bisa memetik hikmahnya.

Bukan hanya mengucapkan selamat lebaran, VJ Daniel Mananta juga mengucapkan rasa maaf yang sedalam-dalamnya apabila atas salah serta khilaf yang ia lakukan. Daniel menyatakan toleransinya kepada semua umat Islam yang sedang merayakan lebaran di tengah wabah corona yang belum juga usai.

Unggahan Daniel mendapatkan banyak respons positif dari warganet, namun tak jarang yang menganggap toleransi Daniel dengan mendoakannya segera menjadi mualaf. Soal keimanan tentu menjadi privasi Daniel, yang harus digarisbawahi adalah sikap terpuji Daniel mengucapkan selamat idul fitri pada semua yang merayakannya.

Pelajaran Berharga dari Unggahan Daniel Mananta

Dari unggahan VJ Daniel Mananta tersebut, banyak sekali hikmah yang bisa dipetik oleh seluruh umat beragama. Kali ini Daniel yang beragama non muslim mengucapkan selamat lebaran, mungkin nanti saat natal, tidak sedikit juga saudara muslim yang mengucapkan selamat hari raya natal kepada umat kristiani.

Sebagai publik figur, Daniel mencerminkan teladan baik yang bisa ditiru oleh seluruh netizen Indonesia. Tidak perlu satu agama untuk saling mengasihi, terlebih Indonesia memang terlahir sebagai bangsa yang beragam. Meski merupakan minoritas dan berada di lingkungan yang berbeda, hal ini tetap menjadi semangat untuknya. Salutnya, ia sukses di dalam kariernya tersebut.

Bukan hanya Daniel, tentunya, yang mengucapkan selamat hari raya idul fitri kepada umat Islam yang merayakan. Banyak yang merayakan hari raya ini di rumah bersama seluruh anggota keluarga, bahkan pekerja di rumahnya karena tidak pulang kampung. Moment ini tentu menjadi pengingat betapa pentingnya kebersamaan.

Merayakan lebaran tahun ini memang sedikit berbeda dengan lebaran beberapa tahun silam. Pasalnya, semua orang diimbau untuk bertarawih dan sholat ied dari rumah saja. Sebagai saudara setanah air, sepertinya VJ Daniel Mananta hendak memberikan kekuatan kepada seluruh Muslim melalui unggahan penuh toleransi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post